simak ya gan...ini cuma alternatif aja.......
Saya akan membagikan sedikit resep untuk meningkatkan
performa mesin motor anda Yamaha Jupiter Z/Vega New, mulai dari menambah
kapasitas ruang bakar, modifikasi Noken as, Porting in-ex, dan
modifikasi perangkat kopling.
BORE UP 120 CC
Langkah untuk
menambah kapasitas ruang bakar, tanpa harus mengganti liner/boring kita
bisa mem-bore up blok boring dan membenamkan piston Jupiter Z over size
200 (53mm) atau bisa pakai punya kaze os 0, saya rasa kalau cuma untuk harian tidaklah harus menggunakan
piston besar-besar. Dengan mengganti piston standart dengan piston
Jupiter Z over size 200 (53mm) maka
kita sudah mendapat volume 120 cc di
dalam ruang bakar kita.
Jika anda ingin meningkatkan tekanan udara
di dalam ruang bakar (kompresi) anda bisa memapas blok boring sebanyak
1,5mm kemudian membuat jenong pistonnya 1,5mm jg, jangan lupa membuat
coakan klep pada atap piston agar tidak terjadi tabrak lari antara
piston dan klep..kalo buat harian gak usah terlalu besar kompresinya,biar bisa wira wiri
MODIFIKASI NOKEN AS
Untuk
yang satu ini memang bukan perkara mudah, maka saya sarankan anda untuk
mengerti dulu mengenai prinsip-prinsip dan cara kerja noken as sebelum
anda menyalakan mesin papas noken yang akan anda gunakan untuk
memodifikasi noken as, karena sedikit kesalahan saja bisa mengurangi
performa mesin motor anda.
Baiklah saya anggap anda sudah
mengerti mengenai seluk beluk noken as, sekarang anda bisa memapas
bokong noken as std bawaan pabrik sebanyak 1mm (sesuai kebutuhan) untuk
merubah tinggi lift dan merubah durasi.serahkan pada ahlinya saja....
Untuk spesifikasi
mesin korek harian anda tidak perlu menggunakan durasi tinggi demi
keawetan mesin. Durasi yang sesuai untuk mesin korek harian berkisar 240
derajat, dan masih mengadopsi bentuk lift bawaan pabrik.
kalo pengen praktisnya anda juga bisa langsung membeli noken as jadi, alias
racing yang banyak dijual di pasaran,
PORTING IN-EX
Meningkatkan performa mesin
dengan cara merubah lubang intake dan lubang exhaust ini wajib dilakukan
untuk melancarkan suplai bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang
bakar dan membuang sisa pembakaran ke knalpot agar lebih maksimal.
Anda bisa menggunakan bor tuner untuk memodifikasi bagian
ini, dengan cara memperlebar diameter sitting lubang intake 1 mm, pada
bagian lorong lubang intake cukup dihaluskan. Untuk lubang exhaust anda
bisa memperbesar diameter seattingnya 1 mm juga, pada bagian paling
ujung yg dekat dengan leher knalpot tidak perlu diperbesar, cukup
merubah bentuk lubangnya sehingga menjadi lingkaran sempurna, area
sekitar boshing klep juga harus dirapikan, karena dibagian ini terdapat
banyak hambatan udara.
Modifikasi Perangkat Kopling
Kini saatnya bermain diseputar blok kopling dengan mengganti per kopling
standart Jupi/Vega anda dengan per kopling Yamaha RX king, langkah ini
dilakukan agar perangkat kopling lebih responsif dan mencegah terjadinya
slip kopling.atau dgn mengganti per smash,tp hrs memperbesar rumah per nya dulu biar pas...
Nah itu sedikit ulasan mengenai cara korek
harian murah meriah motor Jupi/Vega anda,,,,sebelum saya pamit, saya
mohon maaf bila tulisan saya ini berantakan,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar