Jumat, 10 April 2015

korek harian jupiter z atau bore up 120cc

simak ya gan...ini cuma alternatif aja.......

         Saya akan membagikan sedikit resep untuk meningkatkan performa mesin motor anda Yamaha Jupiter Z/Vega New, mulai dari menambah kapasitas ruang bakar, modifikasi Noken as, Porting in-ex, dan modifikasi perangkat kopling.


BORE UP 120 CC
       Langkah untuk menambah kapasitas ruang bakar, tanpa harus mengganti liner/boring kita bisa mem-bore up blok boring dan membenamkan piston Jupiter Z over size 200 (53mm) atau bisa pakai punya kaze os 0, saya rasa kalau cuma untuk harian tidaklah harus menggunakan piston besar-besar. Dengan mengganti piston standart dengan piston Jupiter Z over size 200 (53mm) maka
kita sudah mendapat volume 120 cc di dalam ruang bakar kita.
Jika anda ingin meningkatkan tekanan udara di dalam ruang bakar (kompresi) anda bisa memapas blok boring sebanyak 1,5mm kemudian membuat jenong pistonnya 1,5mm jg, jangan lupa membuat coakan klep pada atap piston agar tidak terjadi tabrak lari antara piston dan klep..kalo buat harian gak usah terlalu besar kompresinya,biar bisa wira wiri
MODIFIKASI NOKEN AS
       Untuk yang satu ini memang bukan perkara mudah, maka saya sarankan anda untuk mengerti dulu mengenai prinsip-prinsip dan cara kerja noken as sebelum anda menyalakan mesin papas noken yang akan anda gunakan untuk memodifikasi noken as, karena sedikit kesalahan saja bisa mengurangi performa mesin motor anda.
        Baiklah saya anggap anda sudah mengerti mengenai seluk beluk noken as, sekarang anda bisa memapas bokong noken as std bawaan pabrik sebanyak 1mm (sesuai kebutuhan) untuk merubah tinggi lift dan merubah durasi.serahkan pada ahlinya saja....
       Untuk spesifikasi mesin korek harian anda tidak perlu menggunakan durasi tinggi demi keawetan mesin. Durasi yang sesuai untuk mesin korek harian berkisar 240 derajat,  dan masih mengadopsi bentuk lift bawaan pabrik.
       kalo pengen praktisnya anda juga bisa langsung membeli noken as jadi, alias racing yang banyak dijual di pasaran,
PORTING IN-EX
        Meningkatkan performa mesin dengan cara merubah lubang intake dan lubang exhaust ini wajib dilakukan untuk melancarkan suplai bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang bakar dan membuang sisa pembakaran ke knalpot agar lebih maksimal.

        Anda bisa menggunakan bor tuner untuk memodifikasi bagian ini, dengan cara memperlebar diameter sitting lubang intake 1 mm, pada bagian lorong lubang intake cukup dihaluskan. Untuk lubang exhaust anda bisa memperbesar diameter seattingnya 1 mm juga, pada bagian paling ujung yg dekat dengan leher knalpot tidak perlu diperbesar, cukup merubah bentuk lubangnya sehingga menjadi lingkaran sempurna, area sekitar boshing klep juga harus dirapikan, karena dibagian ini terdapat banyak hambatan udara.

Modifikasi Perangkat Kopling
        Kini saatnya bermain diseputar blok kopling dengan mengganti per kopling standart Jupi/Vega anda dengan per kopling Yamaha RX king, langkah ini dilakukan agar perangkat kopling lebih responsif dan mencegah terjadinya slip kopling.atau dgn mengganti per smash,tp hrs memperbesar rumah per nya dulu biar pas...

       Nah itu sedikit ulasan mengenai cara korek harian murah meriah motor Jupi/Vega anda,,,,sebelum saya pamit, saya mohon maaf bila tulisan saya ini berantakan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar